0

Membandingkan 7 Propinsi Terkaya dan Termiskin Indonesia



 Sebelumnya saya juga pengen jelasin apa itu Produk Domestik Bruto, Dalam bidang ekonomi, produk domestik bruto (PDB) adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional dan pendapatan suatu daerah tertentu.

PDB diartikan sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya per tahun). PDB berbeda dari produk nasional bruto karena memasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut. Sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi itu dilakukan dengan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak. Sebaliknya, PNB memperhatikan asal usul faktor produksi yang digunakan.

PDB Nominal merujuk kepada nilai PDB tanpa memperhatikan pengaruh harga. Sedangkan PDB riil <!-(atau disebut PDB Atas Dasar Harga Konstan)--> mengoreksi angka PDB nominal dengan memasukkan pengaruh dari harga.


Bismillah Mudah-mudahan Artikel ini bermanfaat untuk kita semua, Amin.
Berikut ane paparkan 7 Terkaya dan 7 Termiskin Di Indonesia :

1. Kota Bontang, Kalimantan Timur



Peringkat pertama diisi oleh daerah yang berasal dari kalimantan,tepatnya di kalimantan timur.kota bontang terletak di tepi laut,kota ini hanya memiliki 3 kecamatan dan memiliki penduduk kurang lebih hanya 140ribu jiwa saja.namun PDB/kapita yang dihasilkan bontang tertinggi di indonesia dengan membukukan nilai Rp.368,05 juta rupiah setiap tahun nya.itu berarti setiap tahun nya setiap tahun nya setiap warga bontang bisa mengganti mobil baru.buset......
kekayaan bontang mungkin dikarenakan terdapat perusahaan besar di antaranya:
-Badak NGL,Perusahaan Tambang Gas Alam LNG
-Pupuk Kaltim,Perusahaan Produsen Pupuk dan Amoniak
-Kaltim Nitrate Indonesia, Perusahaan Penghasil Amonium Nitrat Terbesar di Indonesia
-Indominco Mandiri,Perusahaan Tambang Batubara
selain itu pertamina juga memiliki kilang minyak di bontang.

2. Kabupaten Mimika, Papua



Kabupaten Mimika menduduki posisi ke 2 dalam daftar daerah terkaya di indonesia.kabupaten yang beribukota di timika ini membukukan PDB Rp.295juta /kapitanya.di mimika terdapat sebuah perusahaan tambang terbesar di indonesia,yaitu freeport.boleh dibilang mimika merupakan kabupaten yang kaya di papua,tapi ini berbeda 180 derajat dengan kondisi yang ada,dimana provinsi papua barat dan provinsi papua masih menjadi "kuda hitam" dalam daftar provinsi termiskin di indonesia.

3. Jakarta Pusat, DKI Jakarta



Jakarta Pusat/Ibu Kota Negara Tercinta Kita ini Berada di posisi ke 3 dengan membukukan PDB Rp.224,41juta /Kapita.sebagai kota tempat ibukota negara dan pusat pemerintahan jakarta pusat diuntungkan sektor bisnis dan jasa yang berkembang pesat di kota ini.

4. Kota Kediri, Jawa Timur



Kota Kediri masuk dalam jajaran Top 7 daerah terkaya di indonesia pada urutan 4.pendapat PDB nya yaitu Rp.202,33 Juta/Kapitanya.Kota Kediri terletak di provinsi jawa timur.kediri sejak lama dikenal dengan kota penghasil rokok,puluhan pabrik dan industri roko tersebar di penjuru kediri termasuk di wilayah kabupatennya,namun yang paling besar dan yang paling besar yaitu Pabrik Rokok Gudang Garam Tbk yang terletak di kota kediri.

5. Kabupaten Siak, Riau



Di urutan ke 5 ada Kabupaten Siak di Provinsi Riau,kabupaten ini memiliki PDB Rp.156,35 juta /kapitanya.kabupaten yang terletak di tepian selat malaka ini letaknya sangat dekat dengan singapura dan malaysia.sektor ekonomi yang berkembang di kabupaten siak yaitu perdagangan dan jasa serta pertambangan.

6. Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat



Di posisi ke 6 ada Kabupaten Sumbawa Barat,di Provinsi NTB.daerah ini memiliki PDB sebesar Rp.128 juta /kapitanya.di kabupaten ini terdapat salah satu perusahaan tambang terbesar di indonesia,yaitu PT.Newmont Nusa Tenggara(NNT).

7. Aceh, Aceh Utara



Di bidang industri, daerah Aceh memiliki potensi cukup besar terutama industri hasil hutan, perkebunan, dan pertanian, seperti minyak kelapa sawit, atsiri, karet, kertas, serta industri hasil pengolahan tambang yang belum berkembang secara optimal, Aceh yang dikenal salah satu wilayah penghasil minyak dan gas bumi pada 2011 mampu memberi kontribusi hasil minyak mencapai 1,7 juta barel.Exon Mobil menguasi sekitar 70 persen minyak di Aceh dan sekitar 90 persen untuk gas.
Aceh memiliki sejumlah industri besar. Antaranya :

- PT. Arun
- PT. PIM
- PT. AAF
- Lafarge Semen Andalas
- Exxon Mobil
- CALTEX

7 Daerah Termiskin Di Indonesia

1. Papua Barat, Tingkat Kemiskinan 36,80%


Provinsi Papua Barat masuk dalam peringkat pertama sebagai provinsi termiskin di indonesia, provinsi yang baru berdiri ini memiliki angka kemiskinan sekitar 36,80% dari total jumlah penduduk sekitar 770 ribu jiwa.provinsi ini termasuk salah satu provinsi yang diberikan status istimewa oleh pemerintah berupa ada nya Majelis Rakyat Papua(MRP) yang berdampingan dengan DPRD di provinsi papua. potensi yang ada di papua barat antara lain dari pariwisata,tambang minyak dan gas,serta perkebunan.sektor pariwisata yang terkenal antara lain Kepuluaan Raja Ampat yang begitu eksotis,sedangkan dari tambang di papua barat terdapat tambang minyak dan LNG,sementara itu dari perkebunan juga di dominasi dengan perkebunan karet dan kelapa sawit.

2. Papua, Tingkat Kemiskinan 34.88%



Di peringkat nomor 2 ada provinsi papua,provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini ini memiliki tingkat kemiskinan sekitar 35 persen dari total 2,8 juta penduduk nya. Provinsi yang merupakan paling timur Indonesia ini termasuk salah satu provinsi yang memiliki wilayah Dati III terbanyak, yaitu total 29 wilayah yang terdiri dari 2 kota dan 27 kabupaten.

Provinsi yang beribukota di Jayapura ini sangat kaya sekali akan sumber alam nya, bila Anda bertanya di mana freeport berada jawaban-nya ya di provinsi Papua ini. Tepatnya di Kabupaten Mimika. Perlu diketahui, freeport merupakan tambang emas terbesar di dunia dan PT.Freeport Indonesia merupakan penyetor pajak terbesar di Indonesia dengan pajak yang disetorkan sekitar 1 Miliar USD per tahun nya.

3. Maluku, Tingkat Kemiskinan 27,74%



Diurutan ke 3 ada Provinsi Maluku, provinsi yang beribukota di Ambon ini memiliki tingkat kemiskinan dengan persentase 27,70 persen dari total penduduk sekitar 1,5 juta. Provinsi yang pernah terkena konflik akibat gerakan separatis RMS (Republik Maluku Selatan) ini mengandalkan sektor pariwisata dan pertanian yang diandalkan sebagai sumber pendapatan. Sebagai contoh sudah sejak zaman dahulu kala Maluku begitu terkenal dengan rempah-rempahnya, bahkan pertama kali penjajah yang datang ke Indonesia yaitu portugis mendarat pertama kali di Maluku sejak tahun 1500-an.

4. Sulawesi Barat, Tingkat Kemiskinan 23,19%




Di urutan ke empat ada Provinsi Sulawesi Barat. Provinsi yang tergolong baru ini hasil pemekaran dari Provinsi Sulsel dan dinyatakan berdiri pada tahun 2004 lalu yang beribukota di Mamuju. Provinsi ini memiliki tingkat kemiskinan dengan persentase sekitar 23 persen dari total 1,158 Juta penduduknya.

Sektor perekonomian yang begitu diandalkan dari provinsi ini adalah di sektor pertanian dan perkebunan, produk yang dihasilkan antara lain cengkeh, rempah-rempah, kopi dan kakao. Namun Sulawesi Barat juga memiliki kandungan emas, batu bara dan minyak bumi yang belum tereskplorasi.

5. Nusa Tenggara Timur, Tingkat Kemiskinan 23,03%



Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi yang terkenal dengan Taman Nasional Komodo ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste. Provinsi yang memiliki penduduk total sekitar 4,6 juta ini punya persentase kemiskinan yang beda tipis sama provinsi Sulbar yaitu 23 persen. Provinsi ini mengandalkan sektor pertanian dan pariwisata sebagai sumber pemasukan daerahnya.

Maka tak heran rempah-rempah dari NTT juga merupakan kualitas terbaik di dunia.
Kemiskinan, kasus gizi buruk, angka putus sekolah, serta angka penganggur yang tinggi pada akhirnya menjadi mata rantai lanjutan dari persoalan itu, seperti halnya jumlah anak balita penderita gizi buruk di NTT mencapai 60.616 dari total 504.900 anak balita di sana.

6. Nusa Tenggara Barat, Tingkat Kemiskinan 21,55%



Sementara itu Nusa Tenggara Barat menurut data Badan Pusat Statistik merupakan salah satu Provinsi Termiskin di Indonesia yang menjadi permasalahan di provinsi ini adalah kurangnya perhatian dari pemerintah kepada warga-warga di pedesaan dan pedalaman akibatnya banyak anak-anak yang menderita gizi buruk dan pendapatan perkapita penduduknya yang sangat rendah.

7. Aceh, Tingkat Kemiskinan 20,98%



Naggroe Aceh Darussalam sebenarnya sangat banyak memiliki devisa, tetapi Aceh tetap terkenal miskin. Bahkan, jika diurutkan dengan provinsi lain di Indonesia, Aceh masuk urutan 7 termiskin dibandingkan wiayah lain.

Aceh yang merupakan daerah penghasil minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia, ternyata penduduknya tergolong urutan termiskin dibandingkan dengan kabupaten/ kota lain se-NAD.
“Aceh Utara itu penghasil Migas terbesar, tetapi memiliki persentase kemiskinan juga


Miris banget ya ngeliat anak-anak yang di NTB sampe busung lapar gitu, Mungkin pemerintah disana buta kali ya, sampe masyarakat disana ga diperhatiin dasar Tikus Kantor.


 SUMBER


Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...