5 Wisata Kuliner Istimewa di Yogyakarta



Yogyakarta, kota yang sangat eksotis akan kebudayaan tinggi para leluhurnya, kota yang mampu menghargai dan bangga atas kebudayaan leluhurnya, melestarikannya sampai ke anak cucu mereka dan mempertahankannya sebagai identitas diri yang paling tinggi.

baca selengkapnya » 5 Wisata Kuliner Istimewa di Yogyakarta

6 Trik Supaya Kelihatan Puasa Padahal Enggak



Di bulan yang penuh berkah ini banyak orang yang memang memanfaatkan moment ini untuk beribadah puasa dan menjalankan dengan hati dan niat yang sungguh-sungguh. Namun banyak juga oknum yang melakukan pencitraan dalam bulan puasa ini. Ya pencitraan apalagi kalau bukan pencitraan bahwa dirinya sedang berpuasa, alias puasa pura-pura.

baca selengkapnya » 6 Trik Supaya Kelihatan Puasa Padahal Enggak

10 Fakta Sejarah Indonesia yang Jarang Diketahui


Banyak orang indonesia yang tidak mengetahui sejarahnya sendiri, sejarah yang sebenarnya, bukan sejarah yang dibelokkan oleh rezim politik untuk kepentingan kekuasaan. Semakin lama semakin terkuak sejarah indonesia yang dulunya tidak terekspose ke permukaan. Semakin derasnya informasi, fakta-fakta sejarah tersebut muncul kepermukaan dan mulai menjadi berita hangat untuk indonesia. Inilah 10 fakta sejarah Indonesia yang jarang diketahui:
baca selengkapnya » 10 Fakta Sejarah Indonesia yang Jarang Diketahui

5 Kebiasaan Tak Sehat Orang Indonesia Di Bulan Puasa



Saat bulan Ramadan tiba, seluruh umat Muslim di dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa. Tak hanya untuk mendapatkan pahala, berpuasa juga banyak memberikan manfaat kesehatan. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dinilai tidak sehat dan justru membuat puasa terasa semakin berat.

baca selengkapnya » 5 Kebiasaan Tak Sehat Orang Indonesia Di Bulan Puasa

16 Julukan Yang Diberikan Dunia Untuk Indonesia



Negara Indonesia Tercinta yang kita tinggali ini ternyata mendapat berbagai julukan positif dari berbagai negara di dunia. Dan mungkin julukan-julukan yang diberikan dunia buat Indonesia ini sudah kita dengar sejak lama, atau mungkin ada yang belum tau? Iseng browsing gak jelas, nemu artikel tentang 10 Julukan Indonesia yang diberikan Dunia, jadi iseng juga share disini deh.

baca selengkapnya » 16 Julukan Yang Diberikan Dunia Untuk Indonesia

Yang Katanya Membatalkan Puasa Padahal Tidak


Sesuai tema bulan juli ini, nah saya akan membahas hal-hal yang membatalkan puasa dan tidak membatalkan puasa. Jadi selama kita melakukan hal-hal dibawah ini so woles aja gan gak akan batal puasanya kecuali:

baca selengkapnya » Yang Katanya Membatalkan Puasa Padahal Tidak

Fakta Mengejutkan Banjir Nabi Nuh




Banjir Nuh yang dikabarkan dalam kitab suci, ternyata meninggalkan fakta-fakta yang mengejutkan. Banjir menenggelamkan semua mahluk darat di bumi, kecuali yang di selamatkan dalam perahu Nabi Nuh.

baca selengkapnya » Fakta Mengejutkan Banjir Nabi Nuh

12 Tradisi di Indonesia dalam Menyambut Bulan Puasa



Di Indonesia, dimana masyarakatnya mayoritas muslim, berbagai acara atau tradisi menyambut Ramadhan banyak digelar di berbagai daerah.

baca selengkapnya » 12 Tradisi di Indonesia dalam Menyambut Bulan Puasa

6 Negara Yang Memakai Bahasa Jawa


fakta indonesia inspiratif

Bahasa Jawa merupakan bahasa yang dipergunakan oleh sebagian besar penduduk di pulau jawa bagian tengah dan timur yang mencakup provinsi jawa tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa timur, yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun demikian di luar ketiga provinsi tersebut terdapat beberapa tempat yang menggunakan bahasa jawa meskipun tidak menggunakan dielag jawa secara keceluruhan (sudah bercampur dengan bahasa lokal dan bahasa Indonesia) yaitu di pesisir utara jawa barat, lampung (sebagian adalah transmigran dari jawa).

Dan ternyata selain di Indonesia, terdapat pula negara lain yang menggunakan bahasa jawa, ada yang menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa ibu ada juga yang menggunakan nya sebagai bahasa dialeg lokal.

1. Republik Suriname



Republik Suriname (Surinam) dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda.

Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik. Di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam.

2. Singapura



Sejumlah orang Jawa didatangkan ke Singapura sejak 1825 [Johari, 1965]. Mereka berasal dari Jawa Tengah, dan mereka dipekerjakan sebagai buruh di perkebunan karet, jalur kereta api dan konstruksi jalan raya. Kampong Jawa, di tepi sungai Rochor, adalah tempat pemukiman pertama orang Jawa di Singapura. Selain Kampong Jawa, Kallang Airport Estate dikenal sebagai tempat pemukiman orang Jawa juga. Di Kallang, mereka hidup berdampingan dengan orang Melayu dan Cina.

3. Malaysia



Umumnya, mereka sudah berwarga negara Malaysia. Leluhur mereka datang sekitar tahun 1900 karena tekanan ekonomi. Masyarakat Jawa di Malaysia saat ini termasuk generasi ketiga dan keempat. Walaupun masih menggunakan sebagian adat dan kebudayaan Jawa, mereka sudah dianggap Melayu pribumi yang sah sesuai undang-undang Malaysia.

Yang terbanyak tinggal di Negeri Selangor, terutama di kawasan Tanjung Karang, Sabak Bernam, Kuala Selangor, Kelang, Banting, dan Sepang. Mereka masih mengekalkan beberapa unsur Jawa meski tidak total. Di Johor juga banyak, tapi yang muda-muda sudah lupa warisan leluhurnya.

Bahkan sebagian ada yang merasa malu mengakui berketurunan Jawa. Mereka sudah tidak boleh (bisa, Red.) lagi bertutur bahasa Jawa secara baik dengan unggah-ungguh dan tata krama. Ada yang mengekalkan identitas dirinya dengan mewujudkan Persatuan Anak-anak Jawa. Kegiatan keseniannya kuda kepang dan reog, walaupun tidak sehalus di Jawa.


4. Belanda



Saat Belanda menjajah Indonesia belanda mengirim orang jawa sebagai budak ke Belanda. Yang unik dalam kasus bahasa Jawa ini adalah minat orang asing terhadap bahasa atau sastra Jawa. Dan, Belanda sebagai negeri bekas penjajah Jawa ternyata menjadi gudang dari orang atau pakar yang punya minat khusus terhadap keberadaan bahasa Jawa.

Universiteit Leiden, universitas tertua di Belanda yang didirikan 1575 merupakan salah satu gudangnya. Di universitas yang didirikan Pangeran Willem van Oranje, tempat dari sekitar 17 ribu mahasiswa menimba ilmu, kita bisa melihat naskah-naskah kuno berhuruf Jawa atau sastra Jawa kontemporer yang masih terawat.

5. Kaledonia Baru



Kaledonia Baru (bahasa Perancis: Nouvelle-Cal├ędonie) adalah sebuah negeri seberang laut milik Perancis terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.

Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949.

Jumlah penduduk Kaledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa.

Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.

6. Indonesia



Sudah pasti bahasa jawa juga di gunakan di Indonesia. bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa adalah bahasa jawa terutama di beberapa bagian Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah & Jawa Timur di Indonesia.



baca selengkapnya » 6 Negara Yang Memakai Bahasa Jawa

5 Fakta Penting tentang Ramadan


fakta inspiratif indonesia


Muslim di seluruh dunia akan mulai merayakan Ramadan dalam beberapa hari ke depan. Mereka akan menunaikan puasa dari fajar hingga senja. Yuk cari tahu lima fakta penting tentang munculnya Ramadan. Berikut adalah lima fakta tentang Ramadan.

1. Awal Ramadan ditentukan oleh bulan

Awal Ramadan ditentukan dengan penampakan bulan baru. Akibatnya, kadang awal Ramadan bisa bervariasi di lain daerah. Kondisi cuaca dan faktor lain mempengaruhi penampakan bulan.

2. Tanggal Ramadan berubah setiap tahun

Biasanya tanggal Ramadan berubah atau bergeser 11 atau 12 hari lebih awal setiap tahun.

3. Apa tujuan dari Ramadan?

Selama Ramadan, umat Islam berpuasa dari pagi hingga petang. Para muslim diharap untuk menjauhkan diri dari perbuatan kotor, misalnya, gosip dan zinah.

4. Perubahan besar

Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam lebih besar, bulan Ramadan memiliki dampak besar dalam kehidupan mereka sehari-hari. Biasanya, ada pengurangan jam kantor atau sekolah.

5. Pengecualian

Beberapa umat Islam boleh tidak berpuasa selama Ramadan, seperti wantia hamil, orang yang secara mental atau fisik sedang sakit, dan wanita yang sedang menyusui. Anak-anak juga tidak diwajibkan berpuasa sebelum mengalami pubertas.

Lima hal ini menjadi bagian penting dari bulan suci Ramadan. Mari kita sambut Ramadan dengan penuh sukacita!


SUMBER


baca selengkapnya » 5 Fakta Penting tentang Ramadan

Artikel Lain