Kisah Rachel Corrie, Pejuang Kemanusian Palestina



Tanggal 16 Maret kemarin, genap enam tahun kematian Rachel Corrie, mahasiswi dan aktivis kemanusiaan asal Olympia, Washington, Amerika Serikat. Ia datang ke Jalur Gaza bersama para aktivis lainnya yang tergabung dalam International Solidarity Movement (ISM). Corrie adalah bagian dari kisah kekejaman pasukan Zionis Israel di Palestina.

baca selengkapnya » Kisah Rachel Corrie, Pejuang Kemanusian Palestina

5 Pelajaran Hidup Paling Berharga



1. Pelajaran Penting ke-1

Pada bulan ke-2 diawal kuliah saya, seorang Profesor memberikan quiz mendadak pada kami. Karena kebetulan cukup menyimak semua kuliah-kuliahnya, saya cukup cepat menyelesaikan soal-soal quiz, sampai pada soal yang terakhir. Isi Soal terakhir ini adalah : Siapa nama depan wanita yang menjadi petugas pembersih sekolah?. Saya yakin soal ini cuma "bercanda". Saya sering melihat perempuan ini. Tinggi,berambut gelap dan berusia sekitar 50-an, tapi bagaimana saya tahu nama depannya...? Saya kumpulkan saja kertas ujian saya, tentu saja dengan jawaban soal terakhir kosong. Sebelum kelas usai, seorang rekan bertanya pada Profesor itu, mengenai soal terakhir akan "dihitung" atau tidak.

baca selengkapnya » 5 Pelajaran Hidup Paling Berharga

Pak Ponit, Ontelis Pemulung Rongsokan



Kali pertama akan kudekati, beliau segera bergegas sepertinya “ketakutan” atau dianggapnya hendak menyuruh pergi. Pada hal, tak ada niatan seburuk sangka tersebut dalam hatiku. Ia nampak segera bergegas memasukkan barang bekas usai mengais di tempat sampah depan rumah, lantas ngeloyor entah ke mana….

baca selengkapnya » Pak Ponit, Ontelis Pemulung Rongsokan

Renungan Untuk Para Pengendara Motor



Saya bukan pengendara yang sempurna…. Skil saya dalam mengendarai motor pun juga gak expert2 banget, tapi saya selalu berusaha untuk tidak membahayakn orang di sekitar saya. Kadang saya juga suka salah kalo di jalan, so tolong jangan judge saya sebagai pengendara yang baik dan budiman. Masih banyak pengendara2 budiman dan baik yang kemampuannya di atas saya.

baca selengkapnya » Renungan Untuk Para Pengendara Motor

Kisah Polisi Kanagawa dan Andaikan Terjadi di Indonesia



Sebetulnya peristiwa ini terjadi sudah lama sekali, sekitar dua belas tahun lalu, namun bila dikaitkan dengan peristiwa actual di Indonesia, peristiwa ini masih relevan untuk dibahas. Ketika itu saya tinggal di sebuah kota kecil di sebelah utara Tokyo untuk belajar. Saya merasakan tinggal di Jepang rasanya hambar kalau untuk ukuran orang dari dunia hiruk-pikuk untuk orang Indonesia. Karena apa?, karena perilaku orang Jepang sangat mekanistis, karena disiplinnya. Misalnya, saya pernah menyaksikan seorang Jepang yang akan menyeberang jalan di suatu perempatan dalam keadaan hujan lebat, sementara jalan sepi, yang sebetulnya Nihon-jin bisa saja menyeberang, namun itu tidak dilakukannya karena lampu untuk tanda menyeberang masih merah, dia rela berbasah-basahan. Mungkin kalau untuk orang Indonesia, ada kesempatan nyeberang karena jalanan kosong, ya menyeberang saja walaupun lampu tanda menyeberang masih merah.

baca selengkapnya » Kisah Polisi Kanagawa dan Andaikan Terjadi di Indonesia

10 Kutipan Cinta Dari Tokoh Ternama


Apakah cinta hanya sebatas kata-kata? Ataukah hanya emosi semata? Setiap orang mungkin bisa memaknai cinta dengan sesuka hati mereka. Ada yang bilang, cinta itu sumber kebahagiaan. Sebaliknya, orang lain berpikir bahwa cinta itu menyakitkan. Cinta bisa berarti suka atau duka. Tergantung kita. Terserah kita. Namun, apakah arti cinta bagi mereka? Berikut adalah sepuluh kutipan cinta dari para tokoh ternama. Yuk simak apa kata mereka!

1. Pramoedya Ananta Toer



baca selengkapnya » 10 Kutipan Cinta Dari Tokoh Ternama

Yu Yuan, Gadis Kecil Berhati Malaikat



Dia yang berjuang hidup dari Leukimia Ganas. Setelah merasa tidak dapat disembuhkan lagi, ia rela melepaskan segala-galanya dan menyumbangkan untuk anak-anak lain yang masih punya harapan. Sungguh.. tak abis kata2 untuk Yu Yuan.  Kisah ini tentang seorang gadis kecil yang cantik yang memiliki sepasang bola mata yang indah dan hati yang lugu polos. Dia seorang yatim piatu dan hanya sempat hidup di dunia ini selam delapan tahun.

baca selengkapnya » Yu Yuan, Gadis Kecil Berhati Malaikat

Pengayuh Becak Lulus S1 dengan IPK 3,01



Sehari-hari Wawan Kurniawan hanyalah seorang pengayuh becak. Namun siapa sangka pria yang biasa mangkal di depan kantor pos Purworejo itu adalah seorang mahasiswa berprestasi. Dia diwisuda dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,01. Berikut laporannya.

baca selengkapnya » Pengayuh Becak Lulus S1 dengan IPK 3,01

10 Kalimat yang Menginspirasi Wanita



Bersyukur sekali rasanya, dilahirkan sebagai wanita dengan segala kelebihan yang kita punya. Namun, tak memungkiri, terkadang masih saja kita kehilangan kepercayaan diri dan merasa menjadi masyarakat nomor dua.

baca selengkapnya » 10 Kalimat yang Menginspirasi Wanita

Kisah Siput dan Katak



Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya bertanya kepada siput:

baca selengkapnya » Kisah Siput dan Katak

Artikel Lain