0

16 Aktris Indonesia yang Pernah Jadi PSK



Dunia keartisan Indonesia tidak lepas dari bisnis prostitusi tersembunyi. Tingkat kehidupan mereka yang serba mewah, sementara job berkesenian tidak selalu ada, membuat mereka berpeluang menjajakan diri dengan kisaran dari puluhan juta sampai ratusan juta. Namun artikel ini tidak membicarakan itu. Inilah 16 aktor aktris Indonesia yang pernah berperan sebagai pelacur.


16. Jenny Cortez



Jenny fasih berperan dalam film dengan judul kontroversial Pengakuan Seorang Pelacur. Setidaknya dalam urusan mengumbar aurat, aktingnya sendiri tak bernyawa. Sayang sekali film ini malah tampak amatiran dan penonton dibuat kebosonan.


15. Uli Auliani



Uli berperan sebagai PSK dalam drama kancut Akibat Pergaulan Bebas. Aktris yang sebenarnya potensial ini kembali bermain di film-film Indonesia kelas C.


14. Masayu Anastasia



Massayu berperan sebagai gadis desa yang ditawari pekerjaan sebagai pelacur dalam Susahnya Jaga Keperawanan di Jakarta. Film dengan format interaktif ini disutradarai Joko Nugroho. Massayu juga berperan sebagai “PSK kawin kontrak dalam film Kawin Kontrak.


13. Joana Alexandra



Dalam sekuel gagal Virgin karya Nayato, Joana menjadi pusat perhatian saya. Dengan ramuan yang sama, di film itu ia berperan sebagai pelacur muda.


12. Sabai Morscheck



Seorang pelacur cantik tak akan pernah lagi percaya pada cinta. Namun pandangannya berubah ketika bertemu dengan petinju muay thai yang bisu. Film Sang Dewi ini menjadi film paling memorable yang pernah saya tonton. :’)


11. Wiwid Gunawan



Kawin Kontrak adalah “pelacuran” dengan kedok legalisasi agama. Wiwid ambil bagian dalam film ini sebagai salah satu obyek kawin kontrak yang dikawinkan dengan Ricky Harun. Dalam sekuelnya, Kawin Kontrak Lagi juga memerankan tokoh yang sama.


10. Fahrani



Dalam film dramatis ini, Jani melacurkan diri demi memberikan narkoba untuk suaminya yang seorang pemakai. Radit dan Jani membawa Fahrani dan lawan mainnya Vino, mendapatkan Piala Citra.


9. Ardina Rasti



Dalam film Virgin, Stela pada awalnya melakukan sex bebas demi kesenangan sendiri. Namun ketika temannya mengalami masalah pelik, Stela harus rela menjadi pelacur demi mendapatkan banyak uang.


8. Happy Salma



Peteater dan penulis ini memerankan pelacur yang terkena kanker rahim. Aktingnya diakui sebagai akting paling natural sehingga membuatnya diganjar Piala Citra untuk pemeran pendukung wanita terbaik FFI dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita.


7. Dina Olivia



Meski tidak digambarkan secara eksplisit tentang adegan pelacuran, namun Dina memerankan dengan baik karakter seorang pelacur yang berpura-pura menjadi dosen. Film Mengejar Mas Mas bergenre komedi di medio 90-an ini menjadi film yang paling tak terlupakan. Dina juga meraih banyak penghargaan sebagai Best Actrees di ajang perfilman nasional.


6. Sarah Sechan



Dalam omnibus feminis, Film Perempuan Punya Cerita, fragmen Cibinong menjadi film pendek paling dikenang. Selain dialognya berbahasa Sunda, film ini menyentuh tema prostitusi dan penjualan anak di bawah umur. Cicih yang diperankan Sarah adalah penyanyi dangdut di klub malam. Agar ia menjadi penyanyi kota, ia dijebak seseorang yang ternyata hanya ingin mengambil anak perempuan di bawah umur teman Cicih. Cicih digambarkan tidur dengan om-om senang dan belakangan ia sadar dirinya diperalat dan ditipu.


5. Atiqah Hasiholan



Film Jamila dan Sang Presiden ini mungkin terdengar ambisius dengan penceritaan super dramatis dari segi naskah. Tidak heran karena berdasar drama panggung. Film yang awalnya berjudul Pelacur dan Sang Presiden ini mengisahkan tentang PSK yang diperankan Atiqah, yang terpisah dengan adik perempuannya yang menjadi korban human traficking. Keterlibatan Atiqah dengan pejabat yang terbunuh, membuatnya masuk penjara dan terancam hukuman mati.


4. Djenar Maesa Ayu



Dalam sebuah omnibus Cinta Setaman, Djenar tampil cukup frontal sebagai pelacur beranak satu yang hobi bawa keluar masuk pelanggannya. Ia juga digambarkan percaya hal-hal berbau mistis dengan menabur sejenis bebungaan di halaman rumahnya sebagai penarik tamu. Setiap malam, anak gadisnya terus menerus mendengar desahan mamanya yang mengganggu. Sampai akhirnya puterinya ini mencoba melakukan hal yang sama di sekolah pada seorang guru yang selama ini ia sukai.


3. Poppy Bunga



Salah satu bagian yang paling dikritik dari film Bidadari Jakarta ini adalah posternya. Meski demikian film ini cukup menggambarkan kerasnya kehidupan para pelacur di Jakarta. Poppy berperan sebagai anak rantau yang menjadi PSK setelah diperkosa dan dijual oleh seseorang yang mengaku akan mempekerjakannya sebagai pembantu rumah tangga. Ia pun bersahabat dengan dua pelacur lainnya. Yang satu pemakai narkoba dan tewas, yang satunya lagi HIV AIDS.


2. Angie



Virgin benar-benar film bertema mainstream yang lengkap. Komedi, dramatik, dan remaja. Mengerikan bagaimana cewek-cewek SMA itu menjual keperawanan mereka demi materi. Angie berperan sebagai anak miskin yang melacurkan diri hanya agar mendapatkan barang mewa seperti yang didapat dua temannya. Ketika dia melangkah lebih jauh, dia pun hamil. Namun ia lebih memilih membesarkan anaknya ketimbang menggugurkan. Sebab ia juga anak hasil hubungan di luar nikah.


1. Leony VH



Gambaran miris pelacur disinggung secara satir dalam film Identitas. Leony VH berperan sebagai  perempuan belasan tahun keturunan yang memilih  menjadi pelacur agar dapat membiayai pengobatan ayahnya di rumah sakit. Sayangnya dia kemudian menjadi korban pembunuhan sehingga mayatnya diurus oleh sahabatnya sendiri yang bekerja di rumah sakit. Leony memiliki akting cemerlang dan melakukan hal yang tidak dilakukan aktris Indonesia di era 90-an sampai sekarang, ya, dia telanjang. Meski adegan itu di-blur, tapi apresiasi harus kita berikan kepadanya atas kacamata akting.


SUMBER


Comments
3 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...