10 Selebriti yang Meninggal karena HIV/AIDS



Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah suatu kondisi penurunan daya tahan tubuh yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). Virus ini berpotensi mengancam kehidupan dan masih belum ditemukan obatnya.

AIDS selama bertahun-tahun telah merengut banyak nyawa pengidapnya. Kuman ini menyerang siapa saja tak pandang bulu, dari warga masyarakat kelas bawah Afrika hingga para selebriti dunia. Tak ada cara terbaik untuk mencegahnya, selain menghindari faktor-faktor risiko yang menyebabkan penularannya.

Berikut ini 10 selebriti yang diketahui mengidap HIV/AIDS:

1. Freddie Mercury



Salah satu vokalis band rock terbesar sepanjang masa, Queen, ini  didiagnosis dengan HIV pada bulan April 1987 dan merahasiakannya selama lebih dari empat tahun sampai dengan 23 November 1991. Dia meninggal 24 jam setelah pengumuman bahwa ia mengalami pneumonia bronkial akibat AIDS.

2. Liberace



Entertainer berbayaran tertinggi di dunia dari tahun 1950 sampai 1970 ini telah didiagnosis dengan HIV pada tahun 1986 setelah 21 hari tur yang meraup keuntungan US$ 2,5 juta. Dia dirawat di rumah sakit pada bulan Januari 1987 dengan anemia dan meninggal pada tanggal 4 Februari 1987. Meskipun ia tidak pernah secara resmi memberikan pernyataan yang mengatakan ia positif mengidap HIV, otopsi setelah kematiannya menegaskan bahwa ia mengidap HIV.

3. Arthur Ashe



Pria berdarah Afrika-Amerika ini  pernah menjadi juara di Wimbledon. Arthur Ashe didiagnosis dengan HIV pada tahun 1988. Dia telah tertular virus dari transfusi darah yang ia terima selama transplantasi jantung kedua pada tahun 1983. Ashe meninggal pada tanggal 6 Februari 1993 akibat pneumonia yang terkait AIDS.

4. Earvin "Magic" Johnson



Boleh dibilang pemain NBA terbesar sepanjang masa adalah Magic Johnson. Ia  menemukan dirinya mengidap AIDS sebelum musim pertandingan 1991-1992. Dia segera pensiun dari NBA tetapi bermain kembali pada tahun 1992. Pada tahun 1996 ia melakukan 32 pertandingan untuk Lakers sebelum pensiun untuk selamanya. Johnson terus menjalani hidup yang relatif sehat dan telah menjadi tokoh penting dalam kampanye untuk menciptakan kesadaran mengenai bahaya AIDS dan mendorong praktik seks aman.

5. Greg Louganis



Peraih medali emas Olimpiade untuk cabang renang ini menemukan dia memiliki AIDS pada tahun 1988 dan membuat pengumuman publik pada tahun 1995 yang menyebabkan sebagian besar perusahaan sponsor segera memutuskan kontraknya. Sejak pengumuman itu ia bermain dalam drama Broadway dan menceritakan kisahnya melalui film berjudul Breaking the Surface. Dia menjadi juru bicara kelompok advokasi kesadaran HIV selama bertahun-tahun dan bersumpah untuk terus melakukannya selama dia bisa.

 6. Howard Ashman



Seorang dramawan berbakat, penulis lirik, dan sutradara Howard Ashman didiagnosis dengan AIDS sekitar tahun 80-an tapi tetap merahasiakan kondisinya karena takut kehilangan pekerjaannya. Dia meninggal pada tanggal 14 Maret 1991 akibat komplikasi HIV. Dia secara anumerta dianugerahi Oscar kedua pada tahun 1992 untuk Best Original Song dalam Beauty and the Beast.

7. Esteban De Jesus



Mantan juara tinju yang terkenal karena trilogi pertarungannya dengan Roberto Duran ini terinfeksi HIV ketika ia berada di penjara karena pembunuhan tak disengaja di Puerto Rico. Setelah mengetahui bahwa De Jesus telah tertular HIV, Gubernur Rafael Hernandez Colon mengampuni dia dan memungkinkan dia untuk kembali pulang. Pada tanggal 11 Mei 1989, ia meninggal karena komplikasi terkait AIDS. Dia berusia 37 tahun saat meninggal.

8. Rock Hudson



Aktor legendaris Amerika Serikat ini didiagnosis dengan HIV pada tanggal 5 Juni 1984. Hudson menduga tertular virus itu dari transfusi darah yang ia terima selama operasi bypass jantung. Dia meninggal pada tanggal 2 Oktober 1985, sebulan setengah sebelum ulang tahunnya yang ke-60. Kematiannya berdampak positif langsung pada visibilitas AIDS dan pendanaan penelitian medis untuk menemukan obat untuk penyakit ini.

9. Isaac Asimov



Seorang penulis biokimia dan fiksi yang terkenal ini tertular HIV dari transfusi selama operasi jantung pada tahun 1983. Keluarganya memutuskan untuk merahasiakan penyakitnya selama 10 tahun setelah kematiannya pada tanggal 6 April 1992, karena takut dengan reaksi negatif seperti yang diterima Arthur Ashe saat  mengumumkan infeksi HIV-nya. Namun akhirnya, istrinya, Janet, dan putrinya, Roby, merasa bahwa cerita HIV harus diumumkan agar publik bisa mengambil pelajaran.

10. Keith Haring



Seniman terkenal AS ini didiagnosis dengan AIDS pada tahun 1988. Beberapa orang yang dekat dengan Haring juga meninggal akibat AIDS, termasuk Tina Chow yang merupakan salah satu dari wanita heteroseksual pertama yang terinfeksi virus ini. Pada 16 Februari 1990 Haring meninggal karena komplikasi terkait AIDS ketika dia berusia 31 tahun.


Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...