10 Fenomena Alam yang Paling Spektakuler


Terkadang, dunia yang menjadi sangat modern, membuat kita seperti terputus hubungan perasaan dengan alam, kita menjadi jarang melihat, mengagumi dan atau mensyukuri fenomena - fenomena yang dihadirkan oleh Sang Pencipta .

Dan mungkin dengan artikel 10 fenomena alam yang spektakuler ini, bisa sedikit mengobatinya ...

10. Migrasi Jutaan Kupu - Kupu Monarch

Monarch Butterfly Migration 4

Kupu-kupu Monarch (Danaus plexippus) menjadi salah satu dari hewan yang mempunyai penampilan paling indah. Secara individual mereka berwarna oranye dan hitam, tetapi ketika mereka melakukan migrasi massa untuk , kerumunan kupu-kupu ini seperti mengisi dan mewarnai udara.
Jalur migrasi kupu-kupu meliputi sebagian besar Amerika Utara. Migrasi ini mereka lakukan karena kupu-kupu rentan terhadap cuaca dingin, maka ketika menjelang musim dinin mereka melakukan migrasi ke selatan
Di daerah ini mereka melewati musim dingin sebagai kelompo besar, hinggap dan mnutupi batang - batang pohon, dan seluruh permukaan daun.
Mungkin tidak akan ada satu kupu - kupupun akan bertahan dan terus hidup dalam migrasi ini, karena usia kupu - kupu yang relatif pendek, Namun keturunan mereka, bagaimanapun akan terus menampilkan migrasi massal yang indah di setiap tahunnya

9. Geyser

http://volcanoes.usgs.gov/Imgs/Jpg/Yellowstone/30212265-015_large.jpg

Geyser adalah demonstrasi spektakuler kekuatan bumi di bawah kaki kita. Geyser mata air panas , yang terbangun dari tekanan, meletus secara berkala dan menembakkan air ke udara. Geyser terjadi di seluruh dunia tetapi lebih dari setengah dari geyser di dunia terjadi di Yellowstone National Park.
Air mancur Yellowstone host tertinggi di dunia, Steamboat, yang menerbangkan air hingga 90 meter ke udara.
Seperti kebanyakan fenomena alam yang lain, Geyser kadang tak terduga, dan bisa mgakibatkan kematian terkadang untuk orang yang ingin menyaksikannya terlalu dekat.
Untuk Setia letusan geyser di Yellowstone dijamin Old mungkin menawarkan pilihan terbaik bagi wisatawan di Amerika. Untuk wisata letusan Geyser yang konsisten "OLD FAITHFUL" mungkin menawarkan pilhan terbaik bagi wisatawan.Strokkur di Islandia meletus jauh lebih sering daripada Old Faithful dan dapat menyaingi ketinggian air mancur panas dalam letusan besar sekalipun.

8. Noctiluca Scintillans


http://www.notorietyinc.com/wp-content/uploads/2011/12/Glowing-Nature-Photography-by-Phil-Hart-2.jpg

Sebuah Alga yang mekar tidak terdengar sangat spektakuler, meskipun ganggang merah beracun bisa sangat besar, tapi dalam kasus scintillans Noctiluca itu adalah salah satu keajaiban laut. Ketika ada ledakan jutaan populasi dari dinoflagellata dapat terlihat seperti laut sedang terbakar dengan nyala biru.
Ketika terganggu mereka mengeluarkan ledakan cahaya biru. Hal ini dapat menyebabkan pengalaman yang sangat menakutkan bagi perenang di malam hari. Fenomena ini dapat ditemukan haampir di seluruh dunia tetapi bagi mereka tidak mau basah, video di atas menunjukkan beberapa orang dengan keras melemparkan batu ke dalam Noctiluca scintillans yang sedang mekar.

7. Pusaran Api

http://researchmaniacs.com/NaturalWonders/FireWhirls.jpg

Tornado adalah peristiwa menakutkan, tetapi dengan menambahkan api , maka tornado dapat menjadi sangat spektakuler juga mengerikan.
Pusaran Api terjadi ketika panas dari api mendorong udara di atasnya sedemikian rupa untuk membentuk pusaran dengan udara dingin di luar. Jika pusaran ini memperoleh putaran vertikal kemudian pusaran api, api yang mengisap pusaran ke atas, akan terbentuk.
Pusaran api bisa sangat berbahaya karena dapat membakar puing-puing dan menyebarkan api.
Ketika Tokyo dilanda gempa bumi pada tahun 1923 sebuah pusaran api besar diciptakan oleh sejumlah besar bangunan kayu yang terbakar. Pusaran ini merupakan faktor utama dalam bara sehingga menyebabkan kematian 38.000 orang.Pusaran yang lebih kecil sering terlihat di bagian depan kebakaran di padang rumput.

6. Pilar Cahaya

http://cankir.files.wordpress.com/2010/11/h1usf2qj.jpg

Dalam cuaca sangat dingin, ketika kristal es tergantung di atmosfer, pilar cahaya bisa terbentuk di langit. Pilar-pilar cahaya terbentuk di sekitar sumber cahaya alami, seperti matahari atau bulan terbenam , tetapi juga dapat tercipta karena cahaya buatan manusia.
Kristal-kristal es berfungsi untuk memantulkan kembali cahaya pada kita dan, karena kita tidak dapat melihat kristal,maka akan terlihat seperti ada pilar cahaya di langit. Semakin tinggi kristal es, maka akan lebih tinggi pilar cahaya akan muncul.

5. Maelstroms

http://th00.deviantart.net/fs71/PRE/i/2011/109/2/6/it__s_a_maelstrom_by_aidan8500-d3eecmh.jpg

Maelstroms, pusaran air yang sangat kuat, memiliki sejarah panjang dalam banyak cerita fiksi sebagai bahaya mengerikan untuk pelaut.
Dalam kehidupan nyata ada pernah ada kasus kapal besar yang sedang tenggelam oleh maelstroms.
Massa pusaran air di maelstroms, biasanya didorong oleh gelombang pasang yang luar biasa kuat, yang sangat mengesankan. Corryvreckan di pantai barat Skotlandia dapat didengar bermil-mil jauhnya sebagai gelombang besar hingga lima belas kaki tingginya di laut.
Pusaran air besar selalu menarik jiwa-jiwa petualang dan Corryvreckan berenang pertama oleh berkaki satu George Orwell saudara mertua. Maelstroms dapat ditemukan hampir di seluruh laut dunia dan menyewa perahu untuk melihat fenomena spektakuler itu menjadi kegiatan wisata populer yang sangat menantang.

4. Danau Lava

http://www.swisseduc.ch/stromboli/glossary/icons/lavalake.jpg

Lava atau batuan cair, biasanya hanya terlihat selama letusan gunung berapi . Namun ada lima poin di Bumi dimana lava memenuhi permukaan kolam yang relatif tenang.
Danau-danau lava adalah sumber daya ilmiah berharga sebagai tawaran kesempatan untuk mengumpulkan sampel lava yang belum terkontaminasi dalam chaos alami dari letusan gunung berapi.
Kolam ini menawarkan akses langsung ke perut Bumi yang cair. Pada malam hari, danau bersinar dengan panas membara yang memancar. Video di atas menunjukkan bahwa meskipun kolam lava relatif tenang meskipun cukup berbahaya.

3. Badai Pasir

http://www.meteorologynews.com/wp-content/uploads/2009/03/sandstorm1.jpg

badai pasir adalah Fenomena Spektakuler, Kerumunan debu berterbangan seperti menutupi cahaya matahari, menggulung suatu wilayah, dan seperti menelan apa - apa saja yang dilaluinya, mirip dengan gulungan ombak besar dilaut, namun ini terjadi darat.. dan dilakukan oleh jutaan kubik pasir
dan tahukah anda, Badai pasir dapat menjadi begitu besar sehingga mereka terlihat dari luar angkasa.
Setiap tahun 40 juta ton debu dibawa dari Sahara ke cekungan Amazon. Perpindahan masal permukaan tanah ini dapat menghancurkan pertanian, namun bisa juga membawa mineral - mineral baru untuk tanah dan kesuburan.
Dinding raksasa yang seperti berjalan dari gurun dan melindas semua yang dilaluinya adalah salah satu dari gambaran kekuatan alam yang menakjubkan

2. Gerhana matahari

http://tropicalsails.com/images/solar-eclipse_end_dia.jpg

Bumi adalah tempat paling spesial di semesta, memiliki bulan yang pada saat gerhana total, bulan akan menutupi seluruh piringan matahari
Hal ini terjadi karena diameter matahari kira-kira 400 kali lebih besar dari Bulan, tetapi Matahari juga 400 kali lebih jauh dari bulan. Selama gerhana matahari total korona, lapisan plasma yang mengelilingi Matahari menjadi terlihat.
Gerhana telah membuat umat manusia sejak awal zaman sangat terpesona, dan gerhana matahari telah dipahami dan diprediksi selama ribuan tahun. Sekarang, dengan kemampuan untuk melakukan perjalanan dunia, ada beberapa wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke manapun gerhana total berikutnya akan terjadi.

1. Aurora

http://2.bp.blogspot.com/-XriTvC0mSL4/TZFoRwZu0TI/AAAAAAAAAA8/-ebfXyA8JCs/s1600/aurora1_wikipedia.jpg

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).
Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis , yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.
Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.
Beberapa orang melaporkan mendengar suara berderak ketika aurora sangat intens, tetapi ini belum pernah dikonfirmasi.


sumber http://listverse.com/2012/02/08/top-10-spectacular-natural-phenomena/

Comments
6 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...