0

Laila Sari, Artis Tiga Zaman yang Kini Hidup Memprihatinkan



Laila Sari, Artis Tiga Zaman yang Kini Hidup Memprihatinkan
 
Selama tiga zaman atau enam dekade lebih, Laila Sari telah berkecimpung di panggung hiburan Tanah Air. Namun, nenek berusia 76 tahun itu kini kondisi hidupnya amatlah memprihatinkan.

Belum lama ini Detikhot menyambangi Emak Laila, begitu sapaan akrabnya, di rumahnya yang sederhana di Jalan Badila I, No. 1, RT 003/04, Tangkiwood, Jakarta Barat. Daerah itu dulu memang dikenal sebagai penghasil artis berbakat di eranya. Sebut saja Aminah Cendrakasih dan (alm) Bing Slamet.

Untuk menuju rumah artis serba bisa itu, harus melalui gang-gang sempit di tengah padatnya pasar dan rumah penduduk yang lebarnya tak lebih dari dua kali lebar setir motor. Akibatnya, saat berpapasan dengan motor lain, salah satunya harus berhenti dan mengalah.

Pemandangan memprihatinkan pun tergambar jelas setibanya di sana. Rumah Laila tampak tak terawat, cat temboknya sudah memudar serta ubin lantainya kusam. Asbes atap rumahnya pun di beberapa sudut terlihat kecokelatan terkena rembesan air hujan.




Perempuan kelahiran Padang Panjang, Sumatera Barat 4 November 1935 itu dengan ramah menyambut kedatangan Detikhot. "Mari, masuk ke rumah emak. Maaf ya rumah emak begini adanya, kotor. Silakan duduk!" sambut pemilik nama asli Nurlaila itu.

Laila yang mengenakan kerudung putih itu pun mulai menceritakan kesehariannya saat ini. Di dalam rumah tersebut ia mengaku tinggal bersama tujuh orang anggota keluarga yang masih jadi tanggungannya.

"Aku sekarang apa-apa sendiri. Aku di sini ada 7 orang dan 8 sama aku. Aku jadi kakek, nenek, bapak dan jadi ibu di rumah ini. Sekarang tugas aku berjuang mencari uang untuk mereka," papar bintang film 'Kembang Katjang', 'Perantaian 13', 'Konde Tjioda', 'Burung Merpati', 'Dinamika', 'Pertiwi' dan 'Peristiwa 10 Nopember' itu.

"Mereka itu keponakan, saudara dan anak dari cucu aku. Cucu aku meninggal dan meninggalkan satu anak. Jadi aku yang rawat. Ada anak aku juga, walaupun aku sih nggak pernah melahirkan, tapi aku udah menganggap dia kayak anak sendiri," sambungnya merinci.




Lantas, seperti apa keseharian Laila saat ini? "Ya sehari-hari sekarang sih cuma tidur, ya itulah, soalnya suka nggak enak badan. Kadang kalau ada yang manggil syuting sesekali baru berangkat. Itu pun sudah jarang sekali," ungkapnya.

Memang Laila mengakui usianya yang kian sepuh membuatnya sering sakit-sakitan. Beberapa kali wawancara pun sempat terhenti lantaran ia terbatuk-batuk dan nampak kesakitan.




"Aku kalau sudah batuk memang payah sekali. Suka nggak tahan saking sakitnya. Kalau kondisi aku lagi nggak fit dan batuk-batuk bisa sampai pingsan, kayak waktu itu aku pernah. Beginilah namanya sudah tua," katanya sambil mengurut dadanya.




Comments
3 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...