0

Ada Malaikat Menangis di Stasiun Kota



Kemarin saya istirahat makan di kantor saya, kebetulan kantor saya di daerah yang lumayan 'minus' sih.. kalo kamu yang ada di Jakarta mungkin tau daerah Stasiun Kota kaya gimana.

Banyak pengemis, gelandangan dan orang-orang yang tingkat kehidupannya (maaf) dibawah kesejahteraan.

Sebelum nyari makan, saya beli rokok dulu biar tar abis makan ga bingung nyari rokok.. Saya nyalain satu batang..

Sambil ngerokok saya jalan buat nyari tempat yang enak buat duduk dan makan.

sampe akhirnya saya nemu sebuah tempat yang menurut saya enak dan teduh, saya celingukan soalnya semua tempat duduk uda dipake orang-orang.

Di sela-sela celingukan saya, seorang bapak tua bilang ke saya :

"Silakan pak, disini aja duduk sama saya" katanya..

Saya iyain aja, meskipun rada panas tapi yang ada cuman disitu doang..

Saya perhatiin bapak itu, orangnya uda tua banget, kurus, giginya udah ompong, rambutnya udah putih semua, bawa-bawa tas besar ama kresek isinya plastik-plastik gitu..

Saya ga sempat foto, ga enak juga kalo saya moto2, tar dikira apaan..

Dimulailah obrolan saya ama bapak itu...

Saya : A

Bapak: B

A: lagi nunggu apa pak?

B: nggak mas, ini cuma duduk-duduk aja abis cari sampah seharian.. capek..

A: Jalan dari jam brapa pak?

B: dari pagi mas, uda lumayan banyak dapetnya ini..

A: oohhh...

Obrolan sempat brenti bentar, saya nikmatin rokok, bapaknya ngerapiin plastik2nya gitu..

Sampe pada akhirnya saya liat si Bapak pijet2in kepalanya gitu sambil hela napas panjang..

A: pusing ya pak? siang2 panas gini emang bikin pusing..

B: (ketawa kecil) iya mas.. agak pusing kepala saya..

A: bapak ngerokok? ini kalau bapak mau.. (sambil saya sodorin rokok saya yang tinggal sebatang)

B: nggak mas makasih, saya nggak ngerokok.. sayang uangnya, mending buat makan daripada beli rokok.. lagian ga bagus juga buat badan.

Dalem hati saya rada tertohok juga..

A: iya juga sih pak.. (nginjek rokok saya)

Abis itu saya denger suara perut.. kruuuuukk gitu..

Saya spontan noleh ke arah si bapak.

A: Bapak belum makan pak?

B: (senyum) belum mas, agak nanti mungkin..

A: wah, tar tambah pusing pak?

B: iya mas, saya udah biasa kok..

Ga lama, kedengeran lagi bunyi perutnya..

A: Bapak beneran ga mau makan pak?

B: iya mas, nanti aja...

Saya udah ngerasa kalo bapak ini bukannya ga mau makan, tapi beliau ga punya uang buat makan..

A: bentar ya pak, saya ke warung dulu pesen makan..

B: oh.. iya mas, silakan..

Saya nyamperin tukang nasi padang terdekat, saya pesen buat saya sendiri ama saya inisiatif beliin nasi ma ayam buat si bapak. Selese pesen, saya bawa tu nasi dua piring ke tempat duduk tadi, trus duduk..

Saya mau langsung ngasih tapi kok saya takut kalo bapaknya salah tangkep ato tersinggung, jadi saya akting dikit..

Saya pura-pura dapet telpon dari temen saya

A: (pura2 telpon) yaaah? ga jadi kesini? uda gw beliin nih... ooohh.. gitu... yauda deh gapapa..

belaga tutup telpon

A: wah payah nih temen saya, udah dibelikan makanan ternyata ga jadi..

B: (senyum) ya ga papa mas, dibungkus aja nanti bisa dimakan sore..

A: wah, keburu basi pak kalo nanti sore.. dimakan sekarang pasti ga abis.. gimana ya? mmmm... Bapak kan belum makan siang, ini makanan daripada sayang ga ada yang makan gimana kalo bapak aja yang makan pak? nemenin saya makan sekalian pak..

B: waduh mas, saya ga punya uang buat bayarnya..

tepat dugaan saya, dalem hati..

A: gapapa pak, makan aja.. saya bayarin dah! saya lagi ulang taun hari ini..(bo'ong)

B: wah.. beneran ga papa mas? saya malu..

A: lho? ngapain malu pak? udah bapak makan aja..

B: iya mas, selamat ulang tahun ya mas..

A: iya pak.. bapak mau mesen minum sekalian nggak? saya mau pesen..

B: nggak mas.. nggak usah..

Saya manggil tukang minuman, saya mesen 2 es teh manis..

B: lho mas? saya nggak pesen..

A: iya pak, saya beli dua.. haus banget soalnya..(saya bo'ong lagi)

Tanpa saya duga, si bapak netes airmatanya.. beliau ngucap syukur berkali kali.. beliau ngomong ke saya..

B: mas, saya makasih sudah dibelikan makanan.. saya belum makan dari kemarin sebetulnya. cuma saya malu mas, saya inginnya beli makan sama uang sendiri karena saya bukan pengemis.. saya sebetulnya lapar sekali mas, tapi saya belum dapet uang hasil nyari sampah..

Saya tertegun denger omongan beliau, ga sadar saya ikut ngerasa perih banget dalem hati.. nyesek banget dalem ati saya, saya secara gak sadar hampir netesin airmata.. tapi saya berlagak cool..

A: yaudah, bapak makan aja nasinya.. nanti kalau kurang saya pesankan lagi ya pak? jangan malu-malu..

B: (masi nangis) iya mas.. makasih banyak ya mas.. nanti yang diatas yang bales..

A: iya pak makasi doanya..

Akhirnya saya makan berdua ama beliau,sambil cerita-cerita..

dari cerita beliau saya tau kalo beliau punya dua anak, yang satu uda meninggal karena kecelakaan. yang satunya uda pergi dari rumah gak pulang-pulang udah 3 tahun. istri beliau udah meninggal kena kanker tahun lalu. dan parahnya lagi rumahnya diambil ama orang kredit gara-gara gak bisa ngelunasin uang pinjaman buat ngobatin istrinya..

Miris banget saya dengerin cerita beliau, sebatang kara, gak punya rumah, anaknya durhaka, jarang makan.. malah beliau crita pernah dipalak preman waktu mulung di jakarta..

Rasanya saya beruntung banget ama kondisi saya sekarang, saya nyesel pernah ngeluh tentang kerjaan saya, tentang kondisi kosan saya, dsb.. sedangkan bapak ini dengan kondisi yang serba kekurangan masih selalu tersenyum..

rasanya sepiring nasi padang dan segelas es teh yang saya kasih ga setimpal banget ama pelajaran yang saya dapet..

tadi saya belum ambil uang, jadi saya cuma ngasih seadanya kembalian dari warung padang ke bapak itu,itupun pake eyel2an dulu ma bapaknya soalnya beliau gak mau dikasi uang. tapi akhirnya dengan sedikit maksa saya kasih uang ke beliau. Saya didoain banyak banget ama bapak tadi..

Dan ada satu hal yang bikin saya tercengang waktu mau ninggalin tempat tadi..

sambil jalan saya noleh ke belakang, si bapak udah gak ada.. saya cariin bentar, ternyata si bapak ada di depan kotak amal masjid masukin duit ke dalem kotakan itu!

Saya makin tersentuh ma beliau.. di tengah-tengah kesulitan yang beliau alami, beliau masi sempet amal! berbagi dengan orang lain..

Saya mewek.. saya ngerasa kecil banget sebagai manusia.. saya ngerasa ditunjukin sesuatu yang bener-bener hebat!

Saya berdoa semoga bapak itu dilancarkan segala urusannya, diberi kemudahan dan rejeki berlimpah, dan selalu berada dalam lindungan Tuhan.


SUMBER


Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...