0

12 Tempat Wisata Bahari Terbaik di Indonesia



Wisata Bahari unggulan Indonesia - Tempat Wisata Bahari di Indonesia - Tempat Wisata. Dari seluruh penjuru wilayah indonesia, Kementrian Kebudayaan dan pariwisata ( KEMENBUDPAR) telah mempetakan 12 tempat dan kawasan kepulauan sebagai wisata bahari unggulan di indonesia. Ke 12 Tempat ini masuk kedalam rencana induk (Blueprint) seperti yang di lansir oleh pihak KEMENBUDPAR


12. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta



Wisata bahari yang sangat ideal untuk di kepulauan Seribu adalah selancar, cruise regional, memancing, dan olahraga bahari. Untuk itu program pengembangan di kawasan ini antara lain perencanaan tata ruang yang sangat jelas antara arean konservasi dan pengembangan yang disertai taman nasional. Serta pengembangan untuk fasilitas air adalah marina, yacht, kapal phinisi dan sea plane untuk kegiatan olah raga air

Sungguh Luar biasa bukan? keindahan alam Indonesia tercinta ini. Sekali waktu cobalah berkunjung ke salah satu tempat tersebut di atas. Dan menikmati keindahan wisata dalam negeri indonesia ini.Terima kasih.


11. Barelang, Kepulauan Riau



Kawasan ini sangat ideal untuk kegiatan cruise, yacht dan marina serta selancar. Program pengembangan wisata bahari di kasaean ini antara pelabuhan wisata bahari yang menunjang limpahan wisatawan dari singapura menuju daerah tujuan wisata kepulauan Riau. Pengembangan wisata cruise regional sangat ideal karena letaknya pulau ini strategis di selat malaka dan dekat dengan Singapura.


10. Kepulauan Bali dan Lombok



Wisata bahari di pulau ini ideal untuk kegiatan selam, selancar, cruise regional, dan internasional. Program pengembangan pariwisata baharai di kawasan ini antara laian dibangun kemitraan pemerintah daerah, masyarakat local, dan kalangan industri wisata bahari. Menyediakan fasilitas pelabuhan, akomodasi, dan pertunjukan budaya.


9. Teluk Tomini, Kepulauan Tongean, Sulawesi Tengah



Kepulauan ini ideal untuk kegiatan selam dan snorkeling. Program pengembangan di kawasan ini antara lain penyediaan fasilitas marina, yacht, kapal phinisi dan sea plane dengan kemintraan masyarakat dengan pelaku usaha pariwisata.


8. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur



Kawasan wisata bahari ini ideal untuk kegiatan selam dan wisata cruise. Program pengembangan kawasan ini adalah wisata cuirse regional dengan fasilitas marina dan yacht. Untuk menjangkau pulau-pulau kecil di sekitarnya perlu disediakan kapal phinisi dan sea palane.


7. Kepulauan Ujung Kulon dan Anak krakatau, Banten



Kawasan wisata bahari ini ideal untuk kegiatan selam dan cuise regional dengan tema pengebangannya ekowisata berbasis konservasi. Program pengembangan di kawasan ini antara lain perencanaan tata ruang yang jelas antara konservasi dengan areal pengembangan sesuai dengan daya dukung lingkungan. Menyediakan fasilitas transportasi menuju obyek wisata dengan kegiatan kapal phinisi dan sea plane untuk menampung wisatawan domestic dari jakarta.


6. Kepulauan Raja Ampat, Papua barat



Kawasan wisata bahari di kepulauan ini sangat ideal untuk kegiatan menyelam. Pengembangan kawasan wisata bahari ini dengan pola partnership MNC (Multi National Companies) yang melibatkan pelaku industri Wisata Bahari, pemerintahan daerah dan masyarakat setempat.


5. Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai, Sumatra Utara



Kawasan wisata bahari ini sangat ideal untuk selancar dengan pengembangannya ekowisata berbasis komunitas serta olahraga selancar. Program pengembangan di kawasan ini lebih focus pada penganekaragaman daya tarik wisata dengan menampilkan budaya daerah.


4. Kepulauan Selayar, Takabonerate, Sulawesi selatan



Kawasan wisata bahari ini sangat cocok untuk selam, snorkeling, berlayar, dan memancing. Program pengembangan wisata bahari di kepulauan ini adalah sebagai hub wisata cruise internasional, regional, dan cruise kapal tradisional seperti phinisi Nusantara.


3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur



Kawasan wisata bahari ini ideal untuk kegiatan selam dan konservasi penyu. Program pengembangan wisata bahari di kepulauan ini selain konservasi habitat penyu sebagai daya tarik wisata, juga untuk konservasi pengembangan budaya di pulau kakaban dan Sangalaki yang berada di kawasan ini dengan pola partnership MNC (Multi National Companies) dengan memanfaatkan tenaga local.


2. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara



Kawasan wisata bahari ini ideal untuk kegiatan selam dan cruise regional. Program pengembangan wisata bahari di kawasan ini antara lain, kegiatan cruise internasional dan regional dengan pengembangan pelabuhan makasar sebagai hub, serta konservasi kekayaan laut dengan pemberlakuan sertifikat penyelam dan penegakan hukum.


1. Kepulauan Padaido, Biak, Papua




Kawasan wisata bahari ini sangat ideal untuk kegiatan selam, wisata cruise. Program pengembangan wisata bahari di kepulauan padaido ini antara lain diversifikasi kegiataan nelayan dengan pengembangan wisata memancing menggunakan perahu tradisional nelayan, paket wisata selam di daerah kapal tenggelam sebagai alternative kegiatan Selma, serta pengembangan cruise regional dengan menggunakan kapal phinisi dan sea plane untuk menjangkau pulau-pulau kecil.

-

Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...