0

8 Fotografer Terkenal & Karya Ikoniknya




Dokumentasi 'pria tank' di Tienanmen Square, petinju Muhammad Ali yang mengukir kemenangan atas Sonny Liston dan portrait seorang gadis Afganistan adalah beberapa dari sekian banyak foto yang hingga kini menjadi rekam visual paling populer.

Sayang, tak banyak yang mengetahui sosok-sosok di balik foto-foto luar biasa tersebut. Nah, seorang fotografer bernama Tim Mantoani berharap ia bisa mengubahnya dengan mengambil foto portrait para fotografer yang 'bertanggung jawab' atas foto-foto ikonik di atas.

Dikumpulkan dalam buku berjudul Behind Photographs: Archiving Photographic Legends, Mantoani telah menghasikan lebih dari 150 portrait.

"Ada banyak fotografer anonim di luar sana yang tidak diberikan kredit yang layak," demikian ujar pria yang berbasis di San Diego ini seperti dilansir dari Wired.

Ingin tahu bidikan Mantoani yang dimaksud? Selain foto Jeff Widener, yang sedang memegang hasil karyanya 'The Tank Man of Tienanmen Square' di atas, berikut ini disajikan beberapa jepretan Mantoani lainnya. Semua dibingkai dalam pose yang sama.


(Klik Foto untuk Memperbesar)


Jeff Widener

'The Tank Man of Tienanmen Square'


Lyle Owerko - 9/11

"Foto ini adalah satu bagian kecil dari sebuah peristiwa besar". - Lyle Owerko


Mark Seliger - Kurt Cobain

Foto di samping diambil oleh Seliger untuk cover story majalah Rolling Stone. 2 bulan setelahnya diketahui bahwa Kurt meninggal dunia karena bunuh diri.


Harry Benson - The Beatles

"Manajer Beatles, Brian Epstein mengatakan pada saya bahwa mereka (Beatles-red) menjadi nomor satu di Amerika dan saya langsung mendatangi mereka di New York pada tahun 1964". - Harry Benson.


Neil Leifer - Muhammad Ali

Leifer tengah memegang foto karyanya yang mana diambil pada bulan Mei 1965 di Lewiston, Maine.


Bill Eppridge - Robert F. Kennedy

Bill Eppridge mengabadikan situasi paska penembakan senator AS, Robert F. Kennedy pada 5 Juni, 1968.


Douglas Kirkland - Marilyn Monroe

"This is from my Evening with Marilyn," demikian ujarnya untuk foto sang artis tersebut.


Steve McCurry - Gadis Afganistan

"Saya menatap foto gadis ini selama 17 tahun dan akhirnya menemukannya pada tahun 2002. Namanya adalah Sharbat Gula," tutur McCurry saat menceritakan foto gadis Afganistan-nya yang diambil tahun 1984.

Foto ini dipakai untuk cover majalah National Geographic dan menjadi salah satu foto ikonik dalam sejarah.



sumber : http://www.wired.com/rawfile/2012/01/famous-photogs-pose-with-their-most-iconic-images/



Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...