Sepuluh Film Terbaik Tahun 2011 Versi AFI






Dengan semakin dekatnya penghujung tahun, makin banyak pula daftar-daftar sepuluh film terbaik tahun ini yang dirilis oleh berbagai situs dan organisasi perfilman. American Film Institute (AFI) pun telah merilis daftar sepuluh film terbaiknya. Selain mengumumkan daftar film-film terbaik tahun ini, organisasi nonprofit ini juga memberikan penghargaan khusus untuk The Artist dan seluruh film dalam seri Harry Potter. Apa sajakah film-film yang ada dalam daftar tersebut? Berikut adalah daftar sepuluh film terbaik yang dirilis di tahun 2011 menurut American Film Institute.
 
 



1. Bridesmaids  

 
Annie (Kristen Wiig) dan Lillian (Maya Rudolph) adalah dua sahabat baik. Saat Lillian mengumumkan bahwa ia akan menikah, ia meminta Annie untuk menjadi sang maid of honor. Hidup Annie sendiri jauh dari sempurna. Selain bokek dan tidak punya pasangan, hidupnya juga bertambah sulit saat ia bertemu dengan istri dari bos tunangan Lillian yang sangat kompetitif, Helen (Rose Byrne). Meski demikian, Annie bertekad untuk menjadi maid of honor yang sempurna bagi sahabatnya, dan itu berarti harus sikut-sikutan dengan Helen dan berjuang habis-habisan.

Sutradara: Paul Feig Penulis Naskah: Annie Mumolo, Kristen Wiig Pemeran: Kristen Wiig, Maya Rudolph, Elie Kemper, Wendi McLendon-Covey, Rose Byrne Genre: Komedi, romansa Rating: 70 (IMDB), 75 (Metacritic), 90% (Rotten Tomatoes)


2. The Descendants 

 

Film ini bercerita tentang Matt King (George Clooney), seorang suami dan ayah dari dua orang anak, yang hidupnya berubah karena istrinya koma setelah mengalami kecelakaan saat sedang berlayar di Waikiki. Matt yang seorang tuan tanah di Hawaii menghadapi banyak tekanan yang menginginkannya untuk menjual sebidang tanah warisan terakhir yang dimilikinya. Dengan kecelakaan yang menimpa istrinya, Matt pun terpaksa harus mencoba kembali jadi ayah yang yang baik untuk dua putrinya. Di tengah-tengah semua kerumitan ini, Matt juga akhirnya menguak sebuah rahasia yang tidak disangka tentang kehidupan istrinya.

Sutradara: Alexander Payne Penulis: Alexander Payne, Nat Faxon, dan Jim Rash (naskah), Kaui Hart Hemmings (novel) Pemeran: George Clooney (Matt King), Judy Greer, Shailene Woodley (Alexandra), Matthew Lillard (Brian), Beau Bridges (Cousin Hugh), Robert Forster (Scott) Genre: Drama, komedi Rating: 8,1 (IMDB), 84 (Metacritic), 90% (Rotten Tomatoes)


3. The Girl with the Dragon Tattoo  

 

Setelah tersangkut dalam kasus pencemaran nama baik yang menghancurkan karirnya sebagai jurnalis, Mikael Blomkvist (Daniel Craig) pun menerima tawaran seorang pria tua kaya bernama Henrik Vanger (Christopher Plummer) untuk menyelediki kasus hilangnya keponakannya. Kasus yang terjadi empat puluh tahun lalu ini masih menyisakan misteri bagi Henrik karena sang pembunuh selalu mengirimkan hadiah tiap tahunnya setiap ia berulang tahun dan ia pun curiga bahwa pelakunya adalah anggota keluarganya sendiri. Dalam memecahkan misteri ini, Blomkvist dibantu oleh hacker eksentrik, Lisbeth Salander (Rooney Mara).

Sutradara: David Fincher Penulis: Steven Zaillian (naskah), Stieg Larsson (novel) Pemeran: Daniel Craig (Mikael Blomkvist), Rooney Mara (Lisbeth Salander), Robin Wright (Erika Berger), Stellan SkarsgÄrd (Martin Vanger), Christopher Plummer (Henrik Vanger), Joely Richardson (Anita Vanger), Embeth Davidtz (Annika Blomkvist), Goran Visnjic (Dragan Armansky) Genre: Drama, thriller


4. The Help 

 

Drama berlatar Mississippi di tahun 1960-an ini bercerita tentang Skeeter, seorang gadis dari Selatan yang bertekad untuk menjadi penulis setelah lulus kuliah. Namun, ketika ia memutuskan untuk mewawancarai wanita-wanita berkulit hitam yang menghabiskan hidupnya untuk bekerja di rumah-rumah keluarga Selatan terpandang, kehidupan kotanya pun menjadi jungkir balik. Aibileen, pembantu rumah tangga di rumah sahabat Skeeter, adalah orang pertama yang mau berbagi cerita, meski ditentang oleh komunitas kulit hitam setempat. Meski persahabatannya dipertaruhkan, Skeeter dan Aibileen meneruskan kolaborasi mereka, dan tak lama, lebih banyak wanita pun datang dan ikut berbagi kisahnya pada mereka.

Sutradara: Tate Taylor Penulis: Tate Taylor (naskah), Kathryn Stockett (novel) Pemeran: Emma Stone (Eugenia 'Skeeter' Phelan), Viola Davis (Aibileen Clark), Bryce Dallas Howard (Hilly Holbrook), Octavia Spencer (Minny Jackson), Jessica Chastain (Celia Foote), Ahna O'Reilly (Elizabeth Leefolt), Allison Janney (Charlotte Phelan) Genre: Drama Rating: 8,0 (IMDB), 62 (Metacritic), 75% (Rotten Tomatoes)


5. Hugo  

 

Diadaptasi dari buku karya Brian Selznick berjudul The Invention of Hugo Cabret, film ini bercerita tentang seorang anak yatim piatu berumur 12 tahun yang bernama Hugo (Asa Butterfield). Hugo yang tinggal secara sembunyi-sembunyi di balik tembok stasiun kereta di Paris suatu saat menemukan sebuah mesin yang rusak, bertemu dengan seorang gadis kecil yang eksentrik, dan juga pria pemilik toko mainan. Kesemuanya ini kemudian mengarahkannya pada sebuah petualangan yang misterius sekaligus ajaib.

Sutradara: Martin Scorsese Penulis: John Logan (naskah), Brian Selznick (buku) Pemeran: Asa Butterfield (Hugo Cabret), Chloe Moretz (Isabelle), Jude Law (Hugo's father), Emily Mortimer (Lisette), Christopher Lee (Monsieur Labisse), Ben Kingsley (Papa Georges), Richard Griffiths (Monsieur Frick) Genre: Drama, keluarga, petualangan, fantasi, misteri Rating: 8,5 (IMDB), 83 (Metacritic), 94% (Rotten Tomatoes)


6. J. Edgar 

 
Film ini mengekplorasi kisah J. Edgar Hoover (Leonardo DiCaprio) sebagai figur publik dan juga sebagai seorang pria yang memiliki kehidupan pribadi yang tertutup rapat. J. Edgar yang merupakan ikon penegakan hukum di Amerika Serikat selama hampir 50 tahun adalah sosok berkuasa yang kontroversial dan penuh misteri. Ia dikagumi, ditakuti, dan juga disanjung. Namun, di belakang semua itu , ia menyimpan rahasia-rahasia mengejutkan yang dapat menghancurkan karir, citra, dan hidupnya kapan saja.

Sutradara: Clint Eastwood Penulis Naskah: Dustin Lance Black Pemeran: Leonardo DiCaprio (J. Edgar Hoover), Armie Hammer (Clyde Tolson), Naomi Watts (Helen Gandy), Dermot Mulroney (Colonel Schwarzkopf), Josh Lucas (Charles Lindbergh), Ed Westwick (Agent Smith), Lea Thompson (Lela Rogers), Judi Dench (Anne Marie Hoover), Jeffrey Donovan (Robert F. Kennedy) Genre: Biografi, drama Rating: 7,2 (IMDB), 59 (Metacritic), 42% (Rotten Tomatoes)


7. Midnight in Paris 

 

Gil (Owen Wilson) dan Inez (Rachel McAdams) adalah pasangan yang sedang pergi berlibur ke Paris. Gil adalah seorang penulis naskah film sukses yang sedang berjuang untuk menyelesaikan novel pertamanya. Ia sangat menyukai Paris dan meminta Inez supaya pindah ke kota ini setelah mereka menikah, namun Inez yang tidak paham kenapa tunangannya begitu tergila-gila dengan kota tersebut kurang suka dengan rencananya. Suatu malam, saat sedang berjalan-jalan, Gil tanpa sadar terdampar di Paris di tahun 1920-an. Gil yang menganggap dekade ini adalah masa keemasan Paris berkesempatan untuk bertemu tokoh-tokoh sejarah seperti Ernest Hemingway, Picasso, Gertrude Stein, Salvador Dali, dan berinteraksi dengan mereka. Tapi, makin sibuk Gil dengan petualangannya, tanpa disadari, hubungannya dengan Inez pun makin renggang.


Sutradara: Woody Allen Penulis Naskah: Woody Allen Pemeran: Owen Wilson (Gil), Rachel McAdams (Inez), Marion Cotillard (Adriana), Kurt Fuller (John), Mimi Kennedy (Helen), Michael Sheen (Paul), Nina Arianda (Carol), Carla Bruni (Museum Guide) Rating: 7,8 (IMDB), 81 (Metacritic), 93% (Rotten Tomatoes)


8. Moneyball 

 

Moneyball merupakan sebuah kisah nyata tentang Billy Beane (Brad Pitt), manajer umum dari klub baseball Oakland A. Beane memiliki pemikiran bahwa aturan-aturan konvensional yang ada dalam olahraga baseball memiliki kesalahan. Beane terpaksa harus merombak timnya dengan dana yang sangat terbatas. Meski tidak punya uang, Beane merasa bahwa ia berkesempatan untuk berada satu langkah di depan tim-tim lain yang lebih kaya. Ia pun akhirnya bekerja sama dengan Peter Brand (Jonah Hill), seorang lulusan universitas terkemuka, untuk membantunya merekrut pemain bagi Oakland A. Beane dan Brand mengumpulkan pemain-pemain yang masing-masing memiliki kelemahan, tapi tahu bagaimana caranya untuk melakukan hal-hal yang dapat memenangkan pertandingan. Cara yang diterapkan Beane terbukti revolusioner dan berhasil mengubah wajah olahraga baseball.

Sutradara: Bennett Miller Penulis: Steven Zaillian dan Aaron Sorkin (naskah), Stan Chervin (cerita), Michael Lewis (buku) Pemeran: Brad Pitt (Billy Beane), Jonah Hill (Peter Brand), Robin Wright (Sharon), Philip Seymour Hoffman (Art Howe), Chris Pratt (Scott Hatteberg), Kathryn Morris (Tara Beane) Genre: Drama, biografi, olahraga Rating: 8,0 (IMDB), 87 (Metacritic), 95% (Rotten Tomatoes)


9. The Tree of Life  

 

Setelah menerima kabar bahwa saudara laki-lakinya meninggal, Jack O’Brien (Sean Penn) mengingat kembali masa kecilnya saat masih tinggal dengan orangtuanya di Texas pada tahun 1950-an. Jack dan dua saudara laki-lakinya dibesarkan oleh ibunya, Mrs. O’Brien (Jessica Chastain) yang lembut dan penuh kasih, sementara sanga ayah, Mr. O’Brien (Brad Pitt) adalah sosok tegas yang mendidik mereka dengan keras. Jack yang merasa tersesat di dunianya mencoba untuk merekonsiliasi hubungannya dengan sang ayah dan mempertanyakan kembali imannya serta arti dari kehidupan.

Sutradara: Terrence Malick Penulis Naskah: Terrence Malick Pemeran: Brad Pitt (Mr. O'Brien), Sean Penn (Jack), Jessica Chastain (Mrs. O'Brien), Hunter McCracken (Young Jack), Laramie Eppler (R.L.), Tye Sheridan (Steve), Fiona Shaw (Grandmother) Genre: Drama Rating: 7,2 (IMDB), 85 (Metacritic), 84% (Rotten Tomatoes)



10. War Horse  

 
Cerita dengan latar Eropa di masa Perang Dunia I ini berkisah tentang persahabatan antara seorang anak muda bernama Albert dan kuda bernama Joey yang dilatih dan dijinakannya. Ketika perang akhirnya berkobar, Joey pun dijual sehingga ia dibawa ke medan perang. Dalam perjalanannya yang luar biasa, Joey pun menginspirasi orang-orang yang ia temui, baik itu para prajurit Inggris, tentara Jerman, bahkan orang-orang sipil. Sementara itu, karena sedih berpisah dengan kudanya, Albert pun mendaftar sebagai tentara untuk pergi ke garis depan dan bertekad untuk menyelamatkan Joey.

Sutradara: Steven Spielberg Penulis: Lee Hall dan Richard Curtis (naskah), Michael Morpurgo (novel) Pemeran: Tom Hiddleston (Captain Nichols), Benedict Cumberbatch (Major Stewart), David Thewlis (Lyons), Emily Watson (Rose Narracott), Jeremy Irvine (Albert), Toby Kebbell (Geordie), Peter Mullan (Ted Narracott), Eddie Marsan Genre: Drama, perang Rating: 7,6 (IMDB)

Source: Aceshowbiz.com

Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...