Film-Film yang Dibenci Sutradaranya Sendiri



Sepertinya belakangan ini bukanlah waktu yang baik bagi sutradara film-film Hollywood. Dulu, Jim Sheridan ingin agar namanya dihilangkan dari kredit film “Dream House”. Film yang dibintangi pasangan Daniel Craig dan Rachel Weisz itu terbukti sangat buruk karena membutuhkan syuting ulang dan proses penyuntingan yang banyak.

Semua itu berujung pada permintaan Jim Sheridan agar namanya dihilangkan sebagai pembuat, sementara Craig dan Weisz menolak untuk melakukan publikasi terkait film tersebut. Hal seperti ini bukan pertama kali terjadi. Ben Skipper mencatat ada beberapa kasus serupa yang menarik untuk disimak.

American History X



Film ini sebenarnya bukanlah film yang terlalu buruk. Terbukti menurut IMDB, film ini mendapat nominasi di 12 kategori dalam 10 penghargaan, salah satunya Academy Awards 1999 di mana Edward Norton dinominasikan sebagai aktor pemeran utama terbaik.


Death of a Gunfighter



Di balik nama “Alan Smithee” (nama samaran yang selalu digunakan untuk mengganti nama sutradara yang keluar atau bermasalah saat pembuatan film) sebenarnya film ini punya dua sutradara asli. Ada Don Siegel yang hanya menyisihkan sedikit waktunya untuk film ini sehingga tidak perlu mencantumkan nama di kredit film, dan sutradara sebelumnya Robert Totten yang mengundurkan diri karena sang pemeran utama tidak suka dengan kinerja Robert. Entah kenapa tidak ada sutradaranya yang serius menggarap film ini, padahal Riger Ebert dari Chicago Sun-Times mengatakan, “Death of a Gunfighter” merupakan film bertema Barat yang lumayan bagus.


Alien3



David Fincher tidak sampai ingin menghapus namanya dari kredit film, hanya saja dia tidak terlalu menyukai film yang disutradarainya ini. Fincher menjadi satu-satunya sutradara yang tidak hadir saat peluncuran DVD “Quadrilogy”. Entah kenapa Fincher membenci karyanya. Padahal film ini memenangkan empat penghargaan dan mendapat 16 nominasi, salah satunya nominasi efek visual terbaik dalam Academy Awards 1993.


Hellraiser: Bloodline



Sutradara film ini sebenarnya ingin sesuatu yang orisinal dengan konsep sehingga dia menutup studio. Kevin Yagher ingin unsur ceritanya ditambah. Keputusannya ini membuatnya didepak, dan dia berhenti sebelum film ini selesai digarap. Akhirnya Joe Chappelle ditunjuk untuk menyelesaikan film ini, tapi tetap menggunakan Alan Smithee sebagai sutradara di kredit film.


Catchfire



Dennis Hopper menyutradarai film ini sekaligus memerankannya bersama Jodie Foster muda, tapi terhenti di tengah jalan sebelum keluar di bioskop setelah pihak Vestron diam-diam mengeditnya kembali.


Heat, Dune, Show Girls & Meet Joe Black



Para sutradara film-film ini lumayan bangga dengan karya mereka, namun ketika film ini diubah formatnya untuk ditayangkan di televisi atau untuk kasus “Meet Joe Black”, dijadikan film di dalam penerbangan, lagi-lagi Alan Smithee dijadikan sutradara. Padahal film “Heat” dibintangi oleh bintang-bintang seperti Al Pacino dan Robert De Niro, bahkan dilansir IMDB meraih tujuh nominasi.


Solar Crisis



Dibuat tahun 1990, film ini memiliki dana yang sangat besar hingga jutaan dolar dan dibintangi Charlton Heston. Namun buruknya naskah telah menyebabkan kegagalan luar biasa, bahkan dana dan bintangnya tidak mampu menyelamatkan film tersebut. Lagi-lagi Richard C. Sarafian memilih Alan Smithee menggantikan namanya di kredit film karena rating yang sangat rendah di IMDB, yaitu hanya 3,6. Tapi ternyata film ini mendapat satu nominasi spesial efek terbaik dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films USA tahun 1994.


An Alan Smithee Film: Burn Hollywoo
d Burn



Film ini menceritakan tentang seorang sutradara yang dipanggil Alan Smithee (diperankan oleh Eric Idle) yang sangat membenci film terbarunya sehingga dia ingin namanya dihapus dari kredit film. Dan sangat ironis karena ternyata sang sutradara asli film ini Arthur Hiller mengalami hal serupa yang dialami karakter buatannya. “An Alan Smithee Film” yang benar-benar dibuat oleh Alan Smithee.

Penampilan spesial dari Sylvester Stallone, Whoopi Goldberg, dan Jackie Chan ternyata tidak mampu mengangkat rating film ini. Janet Maslin dalam The New York Times menyebut film ini sebagai bumerang yang buruk. Bahkan Paul Tatara dari CNN menyatakan bahwa “An Alan Smithee Film: Burn Hollywood Burn” adalah film terburuk yang pernah dia tonton.



Comments
1 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...