0

Gaydar, Software Pendeteksi Gay Melalui Facebook



Muncul berita mengejutkan hari ini, dimana diberitakan ada dua orang lulusan MIT yang membuat software dengan nama “Gaydar”, dimana software tersebut akan mendeteksi seseorang gay atau tidak melalui scanning account facebook mereka. Gaydar akan melakukan scan terhadap daftar teman dan menyimpulkan apakah seseorang tersebut memiliki kecenderungan gay (homo) atau tidak.

Carter Jernigan dan Behram Mistree menganalisa 1544 lelaki normal, 21 biseksual dan 33 gay atau homoseksual. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa orang Gay rata-rata memiliki prosentase teman gay yang lebih daripada prosentase teman yang normal. Hal inilah yang dijadikan acuan utama dari algoritma software “Gayder” tersebut.

Penelitian selanjutnya dilakukan terhadap 957 orang yang belum diketahui gay atau normal. Dan setelah dilakukan pengecekan dengan software buatan mereka ini, 10 orang ditemukan teridentifikasi sebagai gay atau homoseksual.

Entah software ini hanya dibuat untuk kesenangan semata atau nantinya digunakan untuk dunia penelitian dan pengetahuan mengenai dunia psikologis manusia, yang memang selalu cenderung untuk berkelompok dan bersosialisasi dengan seseorang yang memiliki “kesamaan” dengan diri mereka.


Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...