0

NKRI Terancam Oleh Doktrin Radikalisasi Kelompok Salafi-Wahabi



Terkadang sedih melihat perkembangan di Indonesia, khususnya semakin maraknya kelompok Islam yang kurang bisa menyikapi perbedaan. Setelah berada di Jawa selama 2 tahun, saya melihat di akar rumput kelompok-kelompok Islam berhaluan Wahhabi-Salafi semakin menguat. Mayoritas penganut aswaja banyak yang terbuai dengan demografi. Seakan-akan kita akan terus mayoritas dan diatas angin. Kaum intelektual Islam lebih suka terbuai di forum akademi, sehingga masjid-masjid dimasuki oleh kelompok salafi-wahhabi.

Di Jogja saya menyaksikan baliho besar: menyediakan penceramah dari kelompok itu untuk masjid-masjid selama bulan puasa gratis. Di kampus, masjid-masjid dikuasai mereka, hingga saya merasa seperti orang asing saat memasukinya. Ratusan buku terjemahan dan ribuan website yang menyuguhkan dalil ini dan itu membanjiri kehidupan kita. Di Pekalongan saya mendengar pengajian yang dikeraskan speaker mengusik kedamaiaan pagi berisikan hinaan kepada kepercayaan aswaja. Di kota yang sama digelar pameran buku. Ketika saya datang, hampir semua isinya buku-buku bernafaskan salafi-wahabi. Apa sebenarnya yang terjadi di Indonesia? Apakah ada skenario besar untuk mengubah bentuk keislaman yang selama ini kita anut?

Apakah tradisi yang telah diturunkan oleh para ulama, kyai, dan haba'ib kita sedang diberangus secara sistematik? Dalam kegusaran itu saya teringat apa yang terjadi di Mali, Syria, Mesir, dan Libya. Di negara-negara yang dahulu diperintah oleh rezim otoriter dan telah digulingkan, justru salafi berkuasa. Dulu, pada saat pemimpin otoriter masih ada, justru keislaman aswaja terjaga. saat demokrasi, kok justru salafi yang berkuasa.

Di Mali ada kota Timbuktu. Semenjak abad ke-15 sudah menjadi pusat ilmu pengetahuan keislaman. Tumbuktu dipenuhi pesantren, perpustakaan manuskrip, dan 300 kuburan wali. Di Timbuktu masyarakat non-Muslim dijamin kebebasannya. Dihormati keberadaannya. Mereka bebas mau apa saja. Namun ketika negara mulai lemah dan digerogoti pemberontak salafi, Timbuktu diduduki oleh para pemberontak. Kuburan para wali dihancurkan. Banyak manuskrip kuno dibakar. Alhamdulillah banyak juga yang berhasil dilarikan. Pesantren-pesantren ditutup, ulama-ulamanya harus melarikan diri. Umat nasrani dipaksa berhijab dan ditekan kebebasannya. Ajaran yang dahulu diturunkan oleh para ulama untuk hidup rukum antar sesama ummat, diberangus. digantikan rezim agama bencana. Sebuah peradaban besar yang dibangun diatas pengorbanan para ulama dari berabad-abad silam dihancurkan begitu saja.

Sepertinya ada tren yang dapat dibaca dari semua kasus kuatnya salafi: disaat negara lemah, salafi menguat. Disetiap tempat yang struktur kekuasaan negaranya lemah, salafi muncul, ambil peranan: Mali, Nigeria, Somalia, Syria, Libia, Iraq. Saya khawatir upaya yang sama juga akan dilancarkan untuk melemahkan NKRI. Saya takut keberadaan NKRI digoyahkan. Saya khawatir jika kerukunan bangsa ini dipecah belah dan akhirnya justru melemahkan negara ini. Saya sedih melihat kaum Muslimin Aswaja dan NU diadu domba dengan saudaranya yang syiah. Saya takut kita semua termakan oleh isu-isu yang sengaja terus didengungkan di sekitar kita. Saya khawatir jika kepercayaan kita pada pemerintah (siapapun yang mendudukinya) hilang, wibawa institusi negara ikut goyah.

Jalan satu-satunya untuk mencegah menjalarnya salafi-wahhabi bagi saya bukan justru memusuhi mereka. Jalan menyelamatkan bangsa bukan justru kembali bersikap intoleran kepada kaum yang tidak memiliki toleransi. Mungkin jalannya justru bagaimana kita membangun kembali semangat nasionalisme kita. Semangat kebangsaan yang terbebas dari politik. Politik adalah urusan pribadi dan hak setiap warga negara. Namun nasionalisme dan kebangsaan adalah tanggung jawab kita bersama. Saya takut jika perbedaan politik kita justru melemahkan nasionalisme dan solidaritas kebangsaan. Kita boleh tidak cocok dengan pilihan politik. Tapi setelah pemilu, harus kembali rukun. Jangan sampai ketidaksukaan pada pemangku jabatan berdampak pada kerukunan antar ummat.

Disini kita harus dewasa. Tidak ada lagi pilihan bagi mayoritas ummat Islam, khususnya yang Aswaja, selain memperkuat nasionalisme kita. Umat Islam yang cinta pada tradisi dan guru-gurunya sudah seharusnya angkat bicara tentang nasionalisme dan kebangsaan. Tidak cukup para kyai, ulama dan haba'ib hanya mengajarkan ummat tentang surga dan neraka. Sekarang saatnya mengajarkan kebangsaan. Dan jangan sampai kita termakan oleh isu-isu yang memecah antara golongan santri dan golongan nasionalis. Itu omong kosong. Golongan santri dan ummat Islam pada umumnya adalah kelompok nasionalis juga. Kecintaan kita pada Islam justru memperkuat cinta pada NKRI.



Kini saatnya kita kembali berdiri di panduan ibu pertiwi. Kini saatnya menyelamatkan NKRI. Jangan sampai kita terlelap tidur dan terbangun di Indonesia yang sudah mirip dengan Afghanistan jaman kekuasaan Taliban. Usahakan, di setiap majelis, pengajian, mawlid, tahlilan, selametan, sempatkan berbicara tentang wawasan kebangsaan. Menjaga bentuk keberagamaan kita justru dengan menjaga keutuhan negara kita. Di saat negara kuat, berdaulat, dan berwibawa, inshaAllah gerakan-gerakan salafi-wahhabi dan semacamnya akan melemah.

Mari berdoa, mudah-mudahan Indonesia tetap menjadi Indonesia. Tidak jadi Iraq, Iran, Libya, Mali, Afghanistan dan semacamnya. Kita juga berdoa semoga Indonesia tidak menjadi Amerika Serikat, Eropa, atau Australia. Indonesia ya Indonesia. Kita bangsa besar. Di Indonesia ini agama menjadi pendorong semangat kebangsaan, bukan justru melemahkan. Mari hindari benturan dengan kelompok yang tidak sepaham. Biarkan saja mereka. Yang penting kita perkuat semangat kebangsaan kita. Di masa-masa seperti ini, disaat masa depan bangsa ini sedang dibentuk ulang, kita harus tetap optimis bahwa bangsa ini pasti bisa!

Jangan putus asa dengan rahmat Allah SWT. Allah SWT menyayangi bangsa yang selama ini dimanjakan-Nya. Mari sebarkan kasih sayang. Sebagai penganut ASWAJA (ahli sunnah wal jamaah), kita wajib mempertahankan NKRI dan kebhinekaan yang dinaunginya. Menjaga NKRI berarti juga menjaga tradisi Islam yang telah diturunkan oleh para kyai dan haba'ib kita dari jaman wali-wali dahulu. Sebagai murid dan sebagai penerus guru-guru kita dahulu, wajib bagi kita untuk mempertahankan kelanggengan tradisi keIslaman yang ada. Maka, menjaga NKRI dan keragaman bangsa berarti juga berkhidmat kepada guru-guru kita dan para wali dahulu.

Mudah-mudahan tidak ada lagi dikotomi antara Islam vs Nasionalis. Dikotomi yang salah kaprah. Mudah-mudahan Allah SWT memberkati bangsa ini, menjaga NKRI dan menjauhkannya dari unsur-unsur yang bertujuan merusaknya. Kata guru saya Habib Luthfi: Merah putih melekat di dada, disinari pancaran imannya, dimanapun kita berada, tetap cinta Indonesia!

Sekian dulu. Hanya berbagi kegusaran dan kekhawatiran. Mudah-mudahan kekhawatiran saya salah. Kalau benar ya kita satukan barisan.


Comments
0 Comments

Artikel Lain

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...